1. RUBRIK
PENSKORAN SPEAKING (DIALOG DAN MONOLOGUE)
Guru dapat menggunakan
rubrik penilaian untuk kemampuan berbicara seperti berikut:
|
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
|
LAFAL
|
4
3
2
1
|
Sangat jelas sehingga mudah dipahami
Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat
dideteksi
Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh
Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa
dipahami
|
|
TATA BAHASA
|
4
3
2
1
|
Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi
makna
Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa
dipahami
|
|
KOSAKATA
|
4
3
2
1
|
Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat
sehingga harus menjelaskan lagi
Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak
mungkin terjadi
|
|
KELANCARAN
|
4
3
2
1
|
Sangat lancar.
Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan
bahasa
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan
tidak mungkin terjadi.
|
Pedoman
Penilaian SPEAKING:
·
Jumlah skor maksimal per siswa: 16.
·
Nilai siswa diperoleh dengan cara membagi jumlah nilai
perolehan denganjumlah skor maksimal 16 dikali 100.
Misal siswa A mendapat skor 12, maka nilainya adalah 12/16 x 100= 75
joss
BalasHapusJoss
BalasHapus