1. RUBRIK
PENSKORAN WRITING (Short Functional Text dan essay texts)
1.1 Guru dapat
menggunakan rubrik penilaian untuk kemampuan menulis seperti berikut:
|
No
|
Aspek
|
Skor
|
Keterangan
|
|
1
|
Tata Bahasa dan
Vocbulary
|
4
|
Benardantepat
|
|
3
|
Terkadangkurangtepattapitidakmempengaruhiarti
|
||
|
2
|
Kurangtepatdanmempengaruhiarti
|
||
|
1
|
Sulitdimengerti
|
||
|
0
|
Tidak menulis
|
||
|
2
|
Manajemen Wacana
|
4
|
Berstruktursesuaijenistekssecaramaksimal
|
|
3
|
Berstruktur minimal
sesuaijenisteks
|
||
|
2
|
Pilihantekstidakjelas
|
||
|
1
|
Tidakberstrukturdansulitdipahami
|
||
|
0
|
Tidakberstrukturdantidakbermakna
|
||
|
3
|
Kejelasan Makna
|
4
|
Jelasdanefektif
|
|
3
|
Jelas
|
||
|
2
|
Bermaknatapiterkadangkurangjelas
|
||
|
1
|
Bermaknatapisulitdipahami
|
||
|
0
|
Menulisacaksehinggamaknahilang
|
||
|
4
|
Hubungan antar gagasan
|
4
|
Menunjukkankelancaranhubungan
|
|
3
|
Menunjukkantransisihubunganantargagasan
|
||
|
2
|
Kurangjelas
|
||
|
1
|
Kurangjelas
|
||
|
0
|
Kacau
|
Pedoman
Penilaian writing:
·
Jumlah skor maksimal per siswa: 16.
·
Nilai siswa diperoleh dengan cara membagi jumlah nilai
perolehan denganskor maksimal 16 dikali 100.
Misal siswa B mendapat skor 14, maka nilainya adalah 14/16 x 100=
87,5